oleh

Pemda Konsel Serahkan Raperda Perubahan APBD 2022 dan Rancangan KUA-PPAS Tahun 2023

Pemda Konsel Serahkan Raperda Perubahan APBD 2022 dan Rancangan KUA-PPAS Tahun 2023

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Paripurna Penyerahan Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 dan Penyerahan Rancangan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2023 Di Aula Utama Rapat Paripurna DPRD Konsel, Selasa 23/08/2022.

Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Irham Kalenggo didampingi Wakil Ketua I Armal dan Wakil Ketua II Hj. Hasnawati serta dihadiri Anggota DPRD lainnya. Paripurna ini juga dihadiri langsung Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, Pj. Sekda Konsel Hj. Sitti Chadidjah beserta seluruh Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Konawe Selatan.

Baca Juga :  Resmi Melepas 809 Kontingen Porprov, Ini Pesan Bupati Surunuddin

Dalam sambutannya, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga menyampaikan bahwa Perubahan APBD-P didasari oleh adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi-asumsi dalam APBD Induk Kab. Konsel Tahun Anggaran 2022 diantaranya Terjadinya perubahan kerangka ekonomi daerah dan kerangka pendanaan, prioritas dan sasaran pembangunan, rencana program dan kegiatan prioritas daerah.

Serta keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya harus digunakan untuk tahun berjalan, penambahan dan pengurangan sasaran kegiatan, dan penyesuaian dengan pendapatan dana transfer.

Baca Juga :  DPRD Konsel Tetapkan APBD-P Konsel Tahun 2022 menjadi Perda

” ada penyesuaian perubahan indikator kinerja kegiatan dan indikator kinerja program dengan penyesuaian program dan kegiatan untuk merespon permasalahan aktual yang terjadi dan membutuhkan penanganan segera/prioritas” terang Bupati Dua Periode ini

Sedangkan untuk KUA-PPAS tahun 2023, Lanjutnya, akan memuat tentang kebijakan Umum APBD, Asumsi Dasar dalam penyusunan APBD, Kebijakan Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan, dan Strategi Pencapaiannya.

Sesuai dengan Tema Pembangunan Kab. Konawe Selatan “Peningkatan Infrastruktur, SDM yang Berdaya Saing dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan” dirumuskan 4 (empat) Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2023.

Baca Juga :  Diskusi Bersama Insan Pers, Ketua Bawaslu Konsel : Peran Media dan Partisipasi Masyarakat Sangat Penting

“Yaitu Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Penguatan Perekonomian berbasis Perdesaan, Penguatan Tata Kelola Pemerintahan dan Peningkatan Infrastruktur” papar Surunuddin

Diharapkan dalam pembahasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran serta Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2023 Kab. Konawe Selatan dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Disertai semangat kemitraan dan komitmen yang kuat antara pemerintah daerah dan legislatif, sehingga selanjutnya dapat ditetapkan untuk menjadi landasan Penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023” Tutupnya

Laporan : Akbar

127

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed