oleh

DPRD dan Pemda Konsel Sepakat Teken MOU KUA-PPAS Tahun 2023

LayarSultra.com, Konawe Selatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama/Memorandum of Understanding (MOU) Kebijakan Umum APBD serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2023. Di Aula Rapat DPRD Kab. Konawe Selatan. Kamis (22/09/2022).

Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Irham Kalenggo, didampingi Wakil Ketua I Armal, Wakil Ketua II Hj. Hasnawati dan dihadiri Anggota DPRD lainnya. Turut hadir Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, Wakil Bupati Konsel Rasyid beserta Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Konsel.

Mewakili Delapan Fraksi, Anggota DPRD Konsel Fraksi Demokrat Ramlan menyampaikan, bahwa setelah melalui rangkaian diskusi panjang dan alot, pembahasan KUA-PPAS APBD Kabupaten Konawe Selatan Tahun Anggaran 2023 ini, selama beberapa waktu lamanya, Anggota-anggota DPRD Kabupaten Konawe selatan yang terhimpun dalam Fraksi-fraksi yang berjumlah 8 (delapan) fraksi, meliputi : Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PDIP, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi Nasdem, Fraksi Hanura, dan Fraksi PKB menyampaikan hal-hal penting dan beberapa diantaranya cukup krusial, sebagai pandangan yang merupakan masukan dan rekomendasi yang harus ditindaklanjuti secara serius dan akan menjadi dasar atau landasan dalam penyusunan RKA Tahun 2023.

Baca Juga :  Kembali Salurkan Bantuan, PT WIN Beri Beasiswa, Sembako dan Sarana Ibadah pada Masyarakat Lingkar Tambang

Secara umum, KUA-PPAS APBD Kabupaten Konawe Selatan Tahun Anggaran 2023 telah menerjemahkan perencanaan strategis jangka menengah (RPJMD dan Renstra-SKPD) ke dalam rencana program, kegiatan dan sub-kegiatan serta penganggaran tahunan dengan cukup baik, meskipun pada beberapa bagian lainnya masih perlu sedikit perbaikan dalam rangkaian penyempurnaan.

“Setiap OPD agar lebih serius dan berkomitmen dalam menyahuti dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang disuarakan melalui forum reses, yang tertuang dalam Pokok-pokok Pikiran (Pokir) DPRD sebagaimana yang telah diatur dalam regulasi” Kata Ramlan

Baca Juga :  Bupati Konsel dan Bombana Dukung Pengembangan Pupuk Organik

Selanjutnya, seperti yang kita ketahui bersama, Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dan non-subsidi resmi mengalami kenaikan pada tanggal 3 september 2022 lalu. Kondisi ini menciptakan Efek Domino, yaitu memicu rentetan kenaikan barang kebutuhan hidup sehari-hari.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Konsel H Surunuddin Dangga menyampaikan yaitu KUA-PPAS Tahun 2023 memuat tentang Kebijakan Umum APBD, Asumsi Dasar dalam Penyusunan APBD, Kebijakan Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan, dan Strategi Pencapaiannya.

“Sesuai tema pembangunan Kabupaten Konsel dirumuskan 4 (empat) Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2023 adalah Peningkatan kualitas sumber daya manusia, Penguatan perekonomian berbasis perdesaan, penguatan tata kelola pemerintahan dan Peningkatan infrastruktur”. Terangnya

Dengan melihat kondisi aktual kinerja Ekonomi Daerah dan Nasional, maka target pendapatan daerah dan upaya pencapaian target pendapatan daerah pada Kebijakan Umum APBD (KUA) Tahun Anggaran 2023 adalah Pendapatan Asli Daerah Tahun Anggaran 2023 diproyeksikan sebesar Rp. 96.318.180.182,00.

Baca Juga :  DPRD Konsel Gelar Paripurna Pandangan Fraksi-Fraksi Atas RAPBD TA 2021

Untuk Dana Transfer, terdiri dari Pendapatan Transfer Pemerintah Pusat dan Pendapatan Transfer Antar Daerah diproyeksikan sebesar Rp. 1.315.157.792.540,00. Sedangkan Penerimaan pembiayaan Tahun Anggaran 2023 berasal dari sisa lebih perhitungan Anggaran Tahun sebelumnya diproyeksikan sebesar Rp. 10.000.000.000,00. selanjutnya Pengeluaran pembiayaan Tahun Anggaran 2023 diproyeksikan sebesar Rp. 10.000.000.000,00. Dan terakhir dari sisi belanja, jumlah belanja pada Tahun Anggaran 2023 diproyeksikan sebesar Rp. 1.411.475.972.722,00.

“Demikian sambutan Penandatanganan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kab. Konsel Tahun Anggaran 2023. Harapan kita semua semoga tahapan ini dapat menjadi pedoman dalam penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2023” tutup Surunuddin

Laporan : Akbar

43

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed