oleh

Musdes Penyusunan RKPDes Desa Lapoa Indah Dihadiri Camat Andoolo Barat

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa Lapoa Indah, Kecamatan Andoolo Barat, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2023.

Musdes tersebut dihadiri langsung oleh Camat Andoolo Barat Sofyan, Kepala Desa Lapoa Indah Sugeng Suryawan, Ketua BPD Indra Irawan, Ketua LPM Turino, Pendamping Desa, perangkat desa dan masyarakat, bertempat di Balai Desa Lapoa Indah, Rabu (26/10/2022).

Saat membuka Musdes Penyusunan RKPDes tersebut, Camat Andoolo Barat Sofyan menyampaikan kepada masyarakat agar mengusulkan apa-apa yang sangat dibutuhkan dan menjadi skala prioritas untuk tercapainya pembangunan di Desa Lapoa Indah.

Baca Juga :  Kedatangan 80 Mahasiswa KKN Kolaborasi Nusantara Disambut Wakil Bupati Konsel

“Tujuan diselenggarakannya musdes ini adalah untuk menyampaikan dan menampung usulan-usulan yang dibutuhkan oleh masyarakat dan yang masuk dalam skala prioritas pembangunan di desa,” ucap Sofyan.

Sementara itu, Kepala Desa Lapoa Indah Sugeng Suryawan mengatakan bahwa Musdes Penyusunan RKPDes ini digelar guna menampung usulan masyarakat untuk direalisasikan di tahun 2023 mendatang.

“Sebelum musdes ini digelar, terlebih dahulu telah dilakukan musyawarah dusun (musdus) untuk menampung usulan tiap-tiap dusun yang kemudian usulan tersebut diajukan dalam musdes seperti yang digelar saat ini”, sebut Sugeng.

Baca Juga :  Timbulkan Pro Kontra Terkait Penggunaan Jalan Umum untuk Hauling, DPRD Konsel Hearing PT Asmindo

Sugeng menambahkan tidak semua usulan akan langsung direalisasikan, hanya usulan yang menjadi skala prioritas dan mendapat persetujuan dari musdes tersebut yang akan diupayakan untuk direalisasikan di tahun berikutnya melalui Dana Desa (DD).

“Makanya kami tekankan kepada masyarakat untuk mengusulkan apa-apa saja yang menjadi kebutuhan urgen dalam mendukung pembangunan di Desa Lapoa Indah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tiga Penerima BLT di Desa Wonua Raya Diganti Secara Sepihak Tanpa Melalui Musdes Khusus

Kegiatan musdes itu dipimpin langsung oleh Ketua BPD Lapoa Indah Indra Irawan. Selain usulan yang telah disampaikan saat musdus, masyarakat pun banyak yang memberikan usulan saat musdes tersebut.

Banyak masyarakat yang mengusulkan terkait program-program yang dinilai sangat penting untuk mendukung pembangunan di Desa Lapoa Indah seperti usulan pembukaan dan peningkatan jalan usaha tani, peningkatan kapasitas BPD dan karang taruna, penambahan modal Bumdes, pengadaan mobil layanan masyarakat, pembuatan MCK, pengusulan RTLH serta pembuatan irigasi dan drainase.

(Redaksi/Agus)

79

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed