oleh

BEM FMIPA UHO Gelar Seminar Kewirausahaan, Mahasiswa Diharapkan Jadi Entrepreneur

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar seminar nasional kewirausahaan dengan tema ‘Menumbuhkan Semangat dan Jiwa Wirausaha Generasi Z Untuk Menghadapi Persaingan Global di Era Society 5.0’, bertempat di Aula FMIPA UHO, Kamis (24/11/2022).

Ketua Panitia Muhammad Akbar dalam laporannya mengatakan kegiatan seminar kewirausahaan ini adalah program kerja di akhir – akhir kepengurusan BEM FMIPA UHO periode 2022.

“Ucapan terimakasih banyak yang sebesar – besarnya kepada panitia dan pihak birokrasi FMIPA UHO atas supportnya menyukseskan kegiatan ini. Kegiatan seminar ini diikuti mahasiswa baru 2022 FMIPA UHO sebagai pesertanya,” ucap Akbar.

Sesuai dengan tema yang diangkat, seminar ini digelar agar mahasiswa siap menghadapi persaingan global di era society 5.0 sehingga kegiatan ini memiliki tujuan meningkatkan minat dan memberikan motivasi lebih kepada mahasiswa untuk berwirausaha.

Baca Juga :  Peduli Terhadap Sesama, GenBI Komisariat UHO Gelar Kegiatan Donor Darah

“Selain itu juga untuk menambah pengetahuan tentang berwirausaha, menumbuhkan jiwa entrepreneur, memotivasi mahasiswa untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat bila ingin merintis bisnis dan dapat membangkitkan semangat dan menciptakan peluang dengan berwirausaha,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua BEM FMIPA UHO Aguslimin dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki sasaran mahasiswa yang sudah atau bahkan yang ingin mengembangkan usaha ataupun ide usaha sehingga banyak pengusaha yang lahir di kalangan mahasiswa itu sendiri yang tentunya nanti akan memberikan perubahan positif yang signifikan untuk Indonesia.

“Kegiatan Seminar Kewirausahaan ini adalah kegiatan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa, karena dengan adanya ilmu tentang kewirausahaan tentu saja akan lebih mempermudah kita dalam pengaktualisasiannya ketika sudah terjun di dunia usaha nanti hingga bisa memberikan suatu perubahan untuk kemandirian bangsa dan untuk membangun perekonomian nasional,” ujar Limin sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wakil Dekan III FMIPA UHO Dr. Muksar, S.Si., M.Si saat membuka kegiatan seminar tersebut mengaku sangat senang karena kegiatan ini adalah kegiatan positif yang nantinya berguna untuk para mahasiswa kedepannya.

Baca Juga :  Buka Musda I, Pj Bupati Koltim Harapkan DWP Dapat Bersinergi dengan Program Pemerintah dan Pemberdayaan Perempuan

“Saya selaku Wakil Dekan III FMIPA UHO mengingatkan kepada mahasiswa jangan hanya berharap untuk menjadi PNS, tapi ciptakanlah usaha sendiri dengan pengelolaan dan manajemen kita sendiri, berusaha mencari peluang dan berpikir untuk lebih maju,” ujarnya.

Kalau bisa jangan menjadi pencari kerja, tapi menjadi pencipta lapangan kerja. Bahkan di perguruan tinggi khususnya UHO ini selalu membuka Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) kepada mahasiswa dan itu selalu saya informasikan kepada mahasiswa lewat organisasi – organisasi kemahasiswaan untuk mengusulkan proposal P2MW supaya bisa didanai oleh pihak perguruan tinggi,” sambungnya.

Dalam kegiatan Seminar Kewirausahaan BEM FMIPA UHO ini mengundang seorang narasumber yakni Ketua Yout Enterpreneur Solution Sulawesi Tenggara (YES SULTRA) Cedrik Elcid Wurara, S.TP., yang memberikan penjelasan tentang poin-poin penting menjadi wirausaha, sharing pengalaman dan menjelaskan bagaimana masalah dapat menjadi sebuah kesempatan untuk berbisnis.

Baca Juga :  Peduli Terhadap Sesama, Alumni SLTPN 1 Sawa Bagi-Bagi Takjil Kepada Pengendara yang Melintas di Jalan Kendari - Konawe Utara

“Bahwa membangun jiwa enterpreneur itu harus mempunyai tekad yang kuat untuk memulai, minat dan bakat yang dimiliki, fokus dan konsisten, belajar dari pengusaha yang sukses dan lingkungan pergaulan. Sebaik apapun ide bisnis atau rencana bisnis yang dimiliki, jika tidak dijalankan atau dikerjakan maka tidak akan pernah menjadi usaha apalagi menjadi sukses. Maka mulailah menjalankan suatu usaha hingga mencapai sukses, membutuhkan perjuangan dan perjalanan yang cukup panjang serta kerja keras,” kata Cedrik dalam pemaparan materinya.

Para peserta pun terlihat antusias menyimak setiap materi yang disampaikan, terutama saat sesi tanya jawab karena ada doorprize yang telah disiapkan oleh panitia bagi peserta yang bertanya.

Reporter : Muh. Ainul

232

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed