oleh

19 Kecamatan di Konsel Raih Sertifikat Penghargaan ODF

Layarsultra.com, Konawe Selatan – Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga berikan sertifikat penghargaan kepada 19 kecamatan dan puskesmas kategori Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS).

Penyerahan Penghargaan itu diserahkan saat acara peringatan Hari Ibu yang dihadiri para kepala OPD, Forkopimpida di Auditorium Kantor Bupati Konsel. Kamis, 22 Desember 2022.

Selain penghargaan Bupati konsel dua periode ini juga menyerahkan dua unit mobil Ambulance untuk Puskesmas Andoolo dan Palangga Selatan.

Bupati Surunuddin mengatakan penghargaan yang diberikan kepada 19 Kecamatan dan Puskesmas menujukan grafik peningkatan kesejahteraan masyarakat konsel dari desa tertinggal menjadi desa maju, kata Surunuddin yang dulunya masih BABS sekarang sudah menggunakan Jamban.

” Hal ini sala satu wujud dari program Konsel dengan Visi misi desa maju konsel Hebat, ” kata Surunuddin.

Untuk mendukung program itu lanjut politisi golkar ini meminta kepada instasi atau sektor terkait bersama-sama mensosialisasikan program pemkab konsel menuju masyarakat yang sehat dan cerdas.

” Untuk mencapai itu,tentunya kerjasama kinerja sektor terkait ini sangat dibutuhkan,” tekan Surunuddin.

Baca Juga :  DPC Partai Gerindra Bagikan Paket Lebaran dan Buka Puasa bersama

Sementara itu, Kepala Dines Kesehatan (Dinkes) Konawe Selatan, dr Boni Lambang Pramana menjelaskan, ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam masyarakat tidak buang air besar sembarangan. Kata Boni pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

” Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban sehat harus mencapai 100% pada seluruh masyarakat, ” terang Boni

Pria yang akrab di sapa Dokbon ini menambahkan indikator desa ODF atau Kecamatan ODF ini sangat penting untuk
menciptakan lingkungan yang sehat dan kehidupan yang baik dengan menerapkan hidup bersih dan sehat.

” Adapun 19 Kecamatan/ Puskesmas yang diberi penghargaan masing-masing adalah. Kecamatan Angata,Laonti, Palangga Selatan, Lainea, Kolono, Palangga, Landono, Ranomeeto Barat, Ranomeeto, Konda, Moramo, Baito, Basala, Mowila, Lalembuu, Buke, Andoolo, Wolasi dan Sabulakoa,” rinci Dokbon.

Laporan : Akbar

571

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed