Dirga Mubarak Apresiasi Festival UKM Kewirausahaan IAIN Kendari

Dirga Mubarak berikan materi pada kegiatan Festival Kewirausahaan UKM IAIN Kendari

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kewirausahaan IAIN Kendari menggelar kegiatan Festival Kewirausahaan, bertempat di kampus IAIN Kendari, Kamis (29/12/2022).

UKM Kewirausahaan IAIN Kendari adalah suatu unit kegiatan mahasiswa yang mewadahi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan passion di bidang kewirausahaan.

Selain itu, tujuan dibentuknya UKM kewirausahaan ini adalah untuk memfasilitasi mahasiswa dalam pengembangan diri dan juga mengasah kemampuan berorganisasi setiap mahasiswa.

Mengikuti UKM kewirausahaan memberikan manfaat tertentu untuk mahasiswa terutama dalam hal pengembangan kemampuan dan keterampilan yang tidak didapatkan dalam proses pembelajaran di kelas.

Dalam kesempatan pembukaan Festival Kewirausahaan, salah satu pemateri Dirga Mubarak yang merupakan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Konsel memberikan penjelasan bahwa di era digital ini telah memberikan dampak bagi perkembangan kehidupan, diantaranya adalah kehidupan dunia usaha (bisnis).

“Jika sebelumnya orang berpikir untuk berwirausaha dibutuhkan  modal besar sehingga enggan  menjalankan wirausaha, sekarang tidak lagi. Teknologi dengan  sendirinya telah mengubah  perilaku, dimana orang akan tergerak bagaimana bisa   memanfaatkan teknologi kalau tidak mau dikatakan sebagai orang yang tertinggal,” kata Dirga.

Dirga menambahkan, saat ini dunia wirausaha sudah jauh berubah. Jika di masa lalu pengusaha identik dengan berjualan barang, maka saat ini sudah muncul banyak jenis usaha di dunia. Munculnya beragam jenis usaha disebabkan oleh perubahan gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Baca Juga :  Wanara Sultra Dukung Gubernur Tolak Perpanjangan Kontrak Karya PT. Vale

“Dengan semakin banyaknya jenis usaha, maka peluang bisnis menjadi semakin baik. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini ada beberapa pengusaha yang menggabungkan konsep dari beberapa bisnis menjadi sebuah bisnis baru. Akhirnya, banyak dari mereka yang sukses karena eksekusinya yang bagus,” imbuhnya.

Di era modern ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk menciptakan peluang bisnis. Mereka yang ingin menciptakan peluang bisnis kebanyakan berasal dari kalangan anak-anak muda. Anak-anak muda pastinya dibekali ilmu yang cukup untuk mempelajari dan menganalisis kondisi bisnis saat ini.

“Mereka yang berhasil menciptakan peluang bisnis pastinya harus melakukan eksekusi yang bagus supaya bisnisnya bisa terus berkembang. Dengan peluang bisnis yang bagus sekalipun, seseorang tetap bisa gagal apabila tidak memiliki perencanaan yang matang dan eksekusi yang bagus,” jelas pengusaha muda ini.

(Redaksi/Agus) 351

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *