oleh

Gelar Konfercab, GP Ansor Kabupaten Konsel Lakukan Regenerasi Kepemimpinan

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke-III, bertempat di Aula Islamic Center Andoolo, Kamis (12/1/2023).

Kegiatan Konfercab ini dihadiri oleh Wakil Bupati Konsel Rasyid, Rois Syuriah PCNU Konsel KH. Wildan Habibi, Ketua Tanfidziah PCNU Konsel KH. Samsul Huda, Ketua PW Ansor Sultra Pendais Haq, Ketua PC Ansor Konsel Yusran, Kasatkorcab Banser Konsel Wawan Suhendra, Wakapolres Konsel Kompol M. Risal, perwakilan Kajari Konsel, Kemenag, FKUB, sejumlah pimpinan OKP dan tamu undangan lainnya.

Ketua PC Ansor Konsel Yusran mengatakan konfercab ini digelar dalam rangka memilih ketua dan pengurus baru untuk melanjutkan tongkat kepemimpinan dari pengurus pada periodesasi sebelumnya.

“Tujuan konfercab ini adalah untuk melakukan regenerasi serta menjadi sarana kedaulatan seluruh kader untuk mencalonkan diri menjadi ketua atau pengurus GP Ansor-Banser,” ucap Yusran.

Baca Juga :  103 KPM di Desa Alengge Agung Terima BLT Tahap III Tahun 2022

Yusran menyebut, jumlah personil yang tergabung di GP Ansor-Banser Kabupaten Konsel saat ini mencapai sekitar 600 orang.

GP Ansor Konsel sendiri telah banyak melakukan kegiatan – kegiatan sosial di tengah masyarakat, seperti bakti sosial, penyaluran bantuan di daerah bencana, membantu menjaga keutuhan NKRI dan banyak lagi kegiatan lainnya.

“Kami juga telah banyak melakukan pengkaderan serta pendidikan dasar kepada kader-kader dan di dalam GP Ansor tidak ada dinamika, semua satu suara dan satu komando,” ungkapnya.

Ketua Tanfidziah PCNU Konsel KH. Samsul Huda mengatakan dalam agenda GP Ansor yang sudah berjalan nantinya akan ada tambahan kegiatan yakni Rijalul Ansor.

“Selain itu, diharapkan juga PC Ansor Konsel ini dapat menggerakkan kegiatan-kegiatan perekonomian di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Di organisasi Nahdlatul Ulama (NU) ini terdapat beberapa Badan Otonom (Banom), seperti GP Ansor-Banser, Muslimat, Fathayat, IPNU-IPPNU dan lainnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Konsel Temukan Sejumlah Proyek Bermasalah di Beberapa Kecamatan

“Saat ini NU sudah memasuki 1 abad. Sudah cukup lama NU berkiprah di negeri ini. Dalam peringatan 1 abad NU, kami akan melaksanakan kegiatan pawai akbar dan istighosah yang memang menjadi agenda rutin kami,” ucapnya.

Saat membuka Konfercab ke- III GP Ansor, Wakil Bupati Konsel Rasyid menyampaikan bahwa organisasi GP Ansor-Banser ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Karena dengan perjuangan Ansor seperti yang telah disampaikan tadi bahwa tidak sedikit yang telah mereka berikan dan korbankan oleh para pendahulu GP Ansor-Banser untuk bangsa Indonesia,” ucapnya.

Rasyid menambahkan, secara tradisi, masyarakat di Sulawesi Tenggara ini termasuk di Kabupaten Konsel sebenarnya telah mengikuti prinsip-prinsip dasar dari NU, karena hampir semua masyarakat yang muslim masih melakukan tahlilan dan baca-baca.

Baca Juga :  Pantau Vaksinasi Massal di Desa Ambesea, Kapolres Konsel Bagikan Bingkisan ke Warga

“Kami ini secara tradisi sebenarnya sudah mengikuti NU karena kami masih melaksanakan tahlilan dan baca-baca di setiap acara-acara, bahkan istri saya sudah masuk dalam jajaran Muslimat NU,” imbuhnya.

Rasyid mengatakan atas nama pemerintah daerah merasa berterima kasih atas apa yang telah dikerjakan oleh GP Ansor-Banser yang sudah mendedikasikan untuk kemajuan dan perekat bangsa.

“GP Ansor-Banser ini meskipun tanpa gaji namun semangatnya cukup luar biasa dalam menjalankan roda organisasinya, kami sangat apresiasi,” sebutnya.

Rasyid berpesan kepada GP Ansor-Banser agar selalu menjaga nama besar organisasi ini dengan tidak melakukan perbuatan- perbuatan yang dapat merusak dan merugikan organisasi.

“Jangan sampai ada oknum-oknum kader yang merusak citra dan nama besar organisasi GP Ansor-Banser. Saya berpesan kepada seluruh anggota GP Ansor-Banser untuk menjaga dan menjalankan organisasi dengan baik,” tutupnya.

(Redaksi/Agus)

74

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed