oleh

Kantongi Dokumen RKAB, PT GMS Sah Lakukan Pemuatan Ore Nikel

Layarsultra.com, Konawe Selatan – PT Multi Gerbang Sejahtera (GMS) Perusahaan pertambangan yang berinvestasi di Kecamatan Laonti Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sah melakukan Pemuatan Ore Nikel. Hal itu ditegaskan oleh Humas PT GMS, Airin Sakoya, Selasa, 24/1/2023

Airin menuturkan saat ini PT GMS telah melakukan aktivitas pengapalan ore nikel yang didasari Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB).

Diungkapkan Airin, RKAB PT GMS dikeluarkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara tertanggal 15 Januari 2023.

Baca Juga :  Diikuti 62 Peserta, Bupati Surunuddin Buka Pelaksanaan Seleksi Terbuka JPTP

“Kami pihak perusahaan tidak berani melakukan pemuatan ore nikel sebelum terbit dokumen RKAB,” ungkap Airin.

Senada dengan itu, Project Manager PT GMS, Muh Aris ST menyayangkan adanya pihak-pihak yang menuding PT GMS melakukan pemuatan ore nikel ilegal.

Padahal, lanjut Aris, PT GMS adalah perusahaan yang tertib administrasi dan menjunjung tinggi aturan hukum dan perundang-undangan dalam aktivitas pertambangan.

Baca Juga :  Perdana di Konsel, BKAD Kecamatan Andoolo Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa dan Kader di Bidang IT

“Tidak mungkinlah kami melakukan pengapalan tanpa ada dokumen legal. Begitu pula produksi. Semua sudah ada izin, baik produksi dan pemuatan ore nikel. Pemuatan ore nikel didasarkan dengan terbitnya RKAB,” ungkap Aris.

Intinya, tambah Aris, PT GMS tidak akan berani melakukan aktivitas yang melawan hukum jika tidak disertai dengan dokumen yang legal.

“Kami berharap masyarakat tidak asal menduga-duga yang sampai menimbulkan isu kepada aktivitas investasi kami, karena hanya merugikan banyak masyarakat utamanya lingkar tambang,” ungkap Aris.

Baca Juga :  Bupati Surunuddin Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Dakwah Muhammadiyah

Steatmen manajemen PT GMS itu menyusul adanya aksi ujuk rasa Badan Penelitian Aset Negara dan Lembaga Aliansi Indonesia Sulawesi Tenggara, di Kantor ESDM dan Gedung DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (24/1/2023).

Mereka menuntut agar Aktivitas PT GMS di hentikan. Pengunjuk rasa beranggapan aktivitas pemuatan ore nikel PT GMS tidak dilengkapi dokumen RKAB

Laporan: Akbar

48

Tentang Penulis: Layar Sultra

Gambar Gravatar
Layarsultra.com merupakan salah satu media online yang berkedudukan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dan berada dibawah naungan PT. Mediatama Sejahtera Group. Tujuan didirikannya media online layarsultra.com adalah untuk memberikan informasi kepada publik melalui karya jurnalistik.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed