KONSEL  

Rapat Paripurna, DPRD Konsel Tetapkan Perusahaan Umum Daerah Wawowonua

Layarsultra.com, Konawe Selatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe Selatan (konsel) menggelar rapat paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Konawe Selatan tentang Perusahaan Umum Daerah Wawowonua Kabupaten Konawe Selatan (konsel) yang telah ditetapkan menjadi Peraturan Daerah di Aula Rapat DPRD. Senin 30/01/2023.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, S.Sos.,M.Si, didampingi Wakil Ketua II Hj. Hasnawati, SE dihadiri Anggota DPRD lainnya dihadiri Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos.,M.Si beserta para Kepala OPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan.

Diawali dengan penyampaian Pandangan Akhir Fraksi DPRD Konawe Selatan terhadap Raperda Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Wawowonua Kabupaten Konawe Selatan yang di wakili ketua Komisi II Nadira, SH menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian dan diseriusi dalam transformasi Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) yaitu,

“Transformasi bentuk badan hukum Perusahaan Daerah dilakukan dalam rangka peningkatan Efektivitas Kinerja Perusahaan Daerah. Selain itu juga Transformasi diharapkan akan meningkatkan kualitas dan manajemen perusahaan daerah, dalam rangka mendapatkan dan meningkatkan keuntungan, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat konsel dalam pemenuhan hajat hidup orang banyak” terang Nadira

Lanjutnya, Rekrutmen Organ Perumda Wawowonua Konawe Selatan (Dewan Pengawas, direksi) dan pegawai Perumda, harus dilakukan melalui proses yang transparan, berlandaskan pada ketentuan dan peraturan yang berlaku, serta mengutamakan kompetensi calon.

Baca Juga :  Bupati Konsel Sambut Baik Kunjungan Rombongan Apkasi YPAN

“Maka dengan demikian Seluruh Fraksi DPRD Konawe Selatan menyatakan Menerima dan Menyetujui RAPERDA tentang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Wawowonua Kabupaten Konawe Selatan untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (PERDA)” tutupnya

Usai Penetapan Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah (Perumda), Wakil Bupati Rasyid, S.Sos.,M.Si mengatakan bahwa Perusahaan Daerah  Konsel merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang didirikan sejak Tahun 2011 dengan maksud menyediakan pelayanan bagi kemanfaatan umum untuk mensejahterakan masyarakat.

Daerah dapat mendirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terdiri atas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Perusahaan Perseroan Daerah, dan BUMD yang sudah ada paling lama 3 tahun wajib disesuaikan.

“Sebagai Peraturan pelaksanaan dari ketentuan UU No. 23 Tahun 2014 yang mengatur BUMD diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD. Sebagai aturan operasional maka dalam membentuk dan menyelenggarakan BUMD secara umum dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017″jelasnya.

“Kita berharap dengan ditetapkannya Raperda Perumda Wawowonua Kabupaten Konawe Selatan tersebut dapat membantu dan menunjang kebijaksanaan umum pemerintah daerah serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya” tambah rasyid

Baca Juga :  Peringati HUT ke 19 Konsel, DPRD Konsel Gelar Paripurna

Laporan : Akbar 230

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *