Polda Sultra Luncurkan Proyek Perubahan untuk Tingkatkan Ketertiban dan Disiplin Anggota Polri

LAYARSULTRA.COM, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah meluncurkan proyek perubahan yang ambisius dengan tujuan meningkatkan ketertiban dan disiplin di seluruh wilayah hukum Polda Sultra.

Dalam keterangannya, Kasubbid Provos BidPropam Polda Sultra AKBP Yusuf Mars yang menahkodai proyek tersebut mengatakan bahwa tujuan utama proyek ini untuk menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap anggota Polri melalui peningkatan disiplin dan penegakkan aturan yang lebih efektif.

Sebagai Project Leader, Yusuf Mars yang akrab disapa Ustad Yusuf ini telah merumuskan strategi yang komprehensif untuk mencapai tujuan proyek ini.

“Dalam beberapa bulan ke depan, Tim Efektif akan melaksanakan serangkaian langkah-langkah strategis yang melibatkan seluruh unit di Polda Sultra, termasuk Polres dan Polsek jajaran,” ucap Yusuf, Selasa (13/6/2023).

Yusuf menambahkan, proyek perubahan ini memiliki empat komponen utama yang akan dijalankan dengan ketat. Pertama, akan dilakukan sosialisasi regulasi tentang PP. No 2 tahun 2003 dan Perkap Nomor 2 tahun 2016 kepada seluruh anggota Polri di wilayah Polda Sultra.

Kedua, akan dilaksanakan peningkatan kegiatan pencegahan gaktiblin (pengawasan ketertiban dan disiplin) yang melibatkan pemeriksaan sikap tampang, pemeriksaan kelengkapan identitas diri, tes urine, serta razia di tempat hiburan malam.

Ketiga, membuat panduan berupa SOP dan jukrah sebagai pedoman dalam pelaksanaan sidang pelanggaran disiplin agar dapat terlaksana secara tegas dan obyektif dalam rangka memberikan efek jera dan detern bagi anggota yang lain.

Baca Juga :  Buka Rakor Pendataan Regsosek, Plt Bupati Koltim Harapkan Partisipasi Aktif Semua Pihak

Keempat, peningkatan giat pembinaan nilai-nilai religi secara rutin untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan moral anggota Polri. Hal ini diharapkan dapat membentuk karakter yang lebih baik dan menguatkan integritas anggota Polri dalam menjalankan tugas mereka.

“Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi positif antara anggota Polri dan masyarakat. Dalam upaya ini, akan dilakukan pendekatan yang proaktif untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling percaya antara polisi dan masyarakat,” jelasnya.

Polda Sultra berharap bahwa proyek perubahan ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian. Dengan komitmen dan dedikasi penuh dari Yusuf Mars dan timnya, diharapkan proyek ini akan memberikan perubahan positif yang signifikan dalam hal ketertiban dan disiplin di antara anggota Polri.

Melalui peningkatan disiplin, diharapkan kinerja anggota Polri akan semakin baik, sehingga masyarakat merasa lebih aman dan nyaman. Polda Sultra optimis bahwa dengan berhasilnya proyek ini, kolaborasi yang lebih erat antara masyarakat dan polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban dapat terwujud di seluruh Indonesia.

Reporter : Muh. Ainul

Baca Juga :  Pj Bupati Koltim Lantik Plt Camat Poli-Polia Menjadi Camat Definif
221

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *