DPRD Konsel Tandatangani MOU KUA-PPAS APBDP Tahun 2023

Layarsultra.com, Konawe Selatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar Rapat Paripurna dengan Agende penandatangan morendum of understanding (MOU) KUA-PPAS perubahan TA 2023 di awali penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD Terhadap rancangan kebijakan umum anggaran perubahan serta prioritas dan plafon anggaran sementar perubahan (KUA-PPASP) TA 2023. Paripurna ini berlangsung di Aula Rapat paripurna DPRD Kab. Konawe Selatan, Selasa 02/08/2023.

Rapat yang dipimpin langsung Wakil Ketua II Hj. Hasnawati didamping Ketua DPRD Irham Kalenggo, dan Wakil Ketua I Armal serta dihadiri Anggota DPRD lainnya. Paripurna ini turut dihadiri Wakil Bupati Kab. Konawe Selatan Rasyid S.Sos.,M.Si beserta Sejumlah SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Konsel.

Kebijakan Umum Anggaran adalah dokumen yang memuat kondisi  ekonomi makro daerah, yaitu kondisi pada tahun sebelumnya dan tahun  berjalan. Secara umum, Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah ini merupakan arahan kebijakan umum di bidang  pendapatan, belanja, dan pembiayaan serta pedoman dalam penyusunan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara dalam rangka penyusunan  Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara berisi tentang: Rencana Pendapatan dan Pembiayaan Daerah, Prioritas Belanja Daerah, dan Plafon Anggaran Sementara berdasarkan Urusan Pemerintahan yang meliputi:

Urusan Wajib dan Urusan Pilihan, program/ kegiatan/ sub-kegiatan dan pebiayaan daerah.  Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara  (KUA-PPAS) APBD-Perubahan Kabupaten Konawe Selatan Tahun Anggaran 2023 menyajikan informasi mengenai perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran sebelumnya, dimana keadaan tersebut  menyebabkan  harus dilakukannya beberapa perubahan-perubahan kebijakan karena dianggap penting dan berpengaruh, salah  satunya adalah karena terjadinya perubahan lingkungan strategis.

Beberapa penyebab perubahan asumsi dasar Kebijakan Umum  APBD Kabupaten Konawe Selatan Tahun Anggaran 2023. antara lain: 

1) Perubahan asumsi Kebijakan Umum Anggaran (KUA) karena terjadinya  penyesuaian proyeksi pendapatan daerah: 
2) Adanya pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan  antar jenis belanja; 
3) Realisasi Penghitungan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) APBD  Tahun 2022. pasca audit BPK-RI; dan 
4) Penyesuaian atas perubahan kebijakan belanja daerah.

Pada Perubahan APBD Kabupaten Konawe Selatan Tahun Anggaran 2023. target Pendapatan Daerah diperlarakan mengalami kenaikan dari target semula yaitu Rp. 1.561.614.773.391.00 (Satu triliun Lima Ratus Enam Puluh Satu Milyar Enam Ratus Empat Belas Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Tiga Ribu Tiga Ratus Sembilan Puluh Satu Rupiah) menjadi Rp. 1.581.967.811.203,00 (Satu Triliun Lima Ratus Delapan Puluh Satu Milyar Sembilan Ratus Enam Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Sebelas Ribu Dua  Ratus Tiga Rupiah). atau naik sebesar 1,30 persen. 

Baca Juga :  Penerima STB Gratis dari Kominfo Harus terdata di P3KE

Pada bagian Belanja, kebijakan Perubahan Belanja Daerah dilakukan  dalam rangka memenuhi perubahan beban pengeluaran atas Belanja. yang  meliputi: Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tidak Terduga dan  Belanja Transfer. Total Belanja Daerah pada APBD 2023 adalah senilai Rp.  1.783.558.090.562,00 (Satu Triliun Tujuh Ratus Delapan Puluh Tiga Milyar  Lima Ratus Lima Puluh Delapan Juta Sembilan Puluh Ribu Lima Ratus  Enam Puluh Dua Rupiah. Jumlah ini mengalami perubahan nilai pada  perubahan APBD 2023 ini, menjadi Rp. 1.984.327.039.194,24 (Satu Triliun  Sembilan Ratus Delapan Puluh Empat Milyar Tiga Ratus Dua Puluh Tujuh  Juta Tiga Puluh Sembilan Ribu Seratus Sembilan Puluh Empat Koma Dun  Puluh Empat Rupiah) atau mengalami kenaikan sebesar 11.26 persen.  
    
Selanjutnya adalah Perubahan Kebijakan Pembiayaan Daerah.  Penerimaan pembiayaan pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023.   terdiri dari sub-item Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA).

dimana penerima pembiayaan daerah sebelum perubahan adalah sebesar Rp  121.943.317.171,00   dan  setelah  perubahen  naik  menjadi  Rp. 407.359.227.991,24 atau naik sebesar 83.54 persen.

Selanjutnya Pembahasan  KUA-PPAS  APBD-Perubahan  Kabupaten  Konawe  Selatan Tahun Anggaran 2023 telah dilaksanakan melalui rangkaian  diskusi panjang dan alot. Dari hasil pembahasan tersebut. anggota-  anggota  DPRD  Kabupaten  Konawe  Selatan  memberikan  dan  menyampaikan beberapa catatan penting, yang merupakan masukan dan  rekomendasi yang harus ditindaklanjuti secara serius, dan beberapa  diantaranya cukup krusial, antara lain: 

1) Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar lebih serius dan disiplin   waktu dalam implementasi perencanaan pembangunan, dan senantiasa melakukan pemanfaatan belanja secara efisien dan efektif, yang diarahkan pada pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat dan menjaga kepercayaan publik atau masyarakat, terhadap pemerintah daerah.

Baca Juga :  Wakil Menteri PDTT Puji Surunuddin Jadikan Konawe Selatan Tanpa Desa Tertinggal

2) Dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawabnya, masing-masing OPD  senantiasa melakukan target optimalisasi penyerapan anggaran.  Penyerapan anggaran diharapkan bukan hanya sekedar terserap saja,  tetapi penyerapan tersebut diharapkan akan memberikan efek positif  dalam rangka menggerakkan pembangunan daerah dan memberikan  stimulus bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Konawe Selatan.

Selanjutnya nadira SH menyampaikan bahwa berdasarkan catatan penting dan masukan konstruktif anggota DPRD Kab. Konawe Selatan dan senantiasa mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku maka fraksi-fraksi DPRD Kab. Konawe Selatan menyatakan MENERIMA dan SETUJU terhadap rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritan plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD-Perubahan Kabupaten Konawe Selatan TA 2023, sekaligur merekomendasikan kepada Ketua dan Wakil-Wakil Ketua DPRD Kab. Konawe selatan untuk secara bersama-sama menandatangani MOU KUA-PPAS APBDP TA 2023.

Laporan : Akbar 133

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *