Angka Kemiskinan di Konsel 11,08 persen, Terendah Keempat Se-Sultra

Kepala Dinas Kominfo Konsel, Hidayatullah, AP.,M.Si

Layarsultra.com, Konawe Selatan – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) persentase tingkat kemiskinan di kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terendah keempat dari 17 Kabupaten/kota.

Hal ini tak lain, Pembangunan Kabupaten Konawe Selatan yang menujukan trend positif di bawah kepimpinan Bupati Surunuddin Dangga dan Selama mengemban amanah sebagai kepala daerah, ia telah banyak menyelesaikan berbagai persoalan daerah. Baik pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan di daerah.

Salah satu kinerja makro yang berhasil dikerjakan Pemda Konsel adalah menurunkan angka kemiskinan yang tiap tahunnya menunjukan trend yang baik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, persentase kemiskinan di Kabupaten Konawe Selatan merupakan empat (4) terendah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Hal itu tak lepas dari kerja keras pimpinan daerah. Mengingat tingginya angka kemiskinan 13,4 persen di tahun 2015 berhasil diturunkan hingga 11,34 persen pada tahun 2021 dan 2022 lalu menjadi 11,08 persen.

“Berdasarkan data yang diambil dari BPS yakni Konawe Selatan Dalam Angka tahun 2023, dari tahun ke tahun terjadi penurunan angka kemiskinan. Bahkan pada tahun 2018 d an 2019 berada diangka 10 persen namun naik kembali diangka 11 persen karena pandemi Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kadis Kominfo) Konsel, Hidayatullah.

Baca Juga :  Bupati Konsel dan Bombana Dukung Pengembangan Pupuk Organik

Dalam data BPS juga, untuk jumlah penduduk miskin yakni 35790 jiwa pada tahun 2022. Mengapa tinggi, karena jumlah penduduk Konawe Selatan tertinggi ke dua setelah Kota Kendari.

“Namun untuk konteks persentase, penduduk miskin di Konawe Selatan berada diurutkan 4 terendah se Provinsi Sulawesi Tenggara. Jadi untuk membandingkan daerah dengan penduduk termiskin haruslah berdasarkan persentase. Karena mencakup segala elemen, dan data yang terakumulatif. Apalagi daerah kita terluas dengan jumlah penduduk yang tertinggi ke dua di Sultra,” ungkapnya.

Dengan keberhasilan menekan angka kemiskinan tiap tahun, artinya, program dan kebijakan Pemkab Konsel di bawah komando Bupati H Surunuddin Dangga sudah tepat. Mensinergikan kebijakan pusat, provinsi dan kabupaten.

“Alhamdulliah, Pemda Konsel terus bekerja menurunkan tingkat kemiskinan. Dan perlu diketahui tingkat pertumbuhan jumlah penduduk Konsel terus meningkat. Salah satunya dipengaruhi urbanisasi dari daerah lain di Indonesia,” terang Hidayatullah.

Laporan : Akbar 297

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *