Konsel  

Penanggulangan Dampak El Nino, 65 Desa di Konsel Dapat Tambahan Dana Desa dari Pemerintah Pusat

Foto ilustrasi. Sumber : internet

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Pusat memberikan tambahan anggaran Dana Desa (DD) di sejumlah desa yang ada di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konsel Annas Mas’ud menyampaikan bahwa sebanyak 65 desa di Kabupaten Konsel yang tersebar di 25 kecamatan mendapatkan tambahan anggaran DD.

“Anggaran tersebut bersumber dari pemerintah pusat, sebesar Rp 116 juta per desa dan diprioritaskan untuk penanggulangan dampak El Nino, bencana kekeringan dan yang berhubungan dengan ketahanan pangan, serta ketersediaan air bersih,” jelas Annas, Kamis (12/10/2023).

Tambahan anggaran Dana Desa tersebut langsung masuk dalam APBDes perubahan yang dibahas dalam Musyawarah Desa (Musdes) perubahan.

“Kita inginkan hasil Musdes berkualitas, sehingga belanja DD efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat yang mendesak yakni penanganan kekeringan dan lainnya,” imbuhnya.

Annas menambahkan, penetapan 65 desa ini ditentukan langsung oleh pusat, karena ada indikator penilaiannya dan tidak ada intervensi dari Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Peringati Sumpah Pemuda, KPU Konsel Gelar Upacara di Pesisir Pantai Laonti

“Salah satu indikator penilaianya yaitu kinerja pengolahan keuangan desa, penyusuan perencanaan desa tepat waktu dan pelaporannya. Adapun total anggaran keseluruhannya sebesar Rp 7,5 miliar,” ujarnya.

Ditambahkannya, DPMD Konsel sudah membuat surat edaran untuk 65 desa dimaksud, supaya anggaran yang diberikan memprioritaskan bencana alam dan non alam.

“Jadi desa bisa menggunakan dana tersebut untuk membeli alkon dan membuat sumur bor dan kegiatan lainnya yang berkaitan erat dengan penanganan El Nino, ketahanan pangan dan ketersediaan air bersih,” ucapnya.

Editor : Agus 148

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *