Konsel  

Dinas Koperasi UMKM Konsel Berikan Pelatihan Sejumlah Pengawas dan Pengurus Koperasi

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Koperasi dan UMKM terus konsisten dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pengurus maupun pengawas koperasi aktif tahun 2023.

Komitmen tersebut diwujudkan oleh Bidang Kelembagaan Dinas Koperasi dan UMKM Konsel dengan melaksanakan pelatihan.
Pelatihan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel Hj St. Chadidjah, S.Sos., M.Si., yang diselenggarakan selama tiga hari Jumat – Minggu (3 – 5 November 2023) di salah satu Hotel di Kota Kendari.

Sekda Konsel dalam sambutannya mengatakan, implementasi peningkatan kapasitas SDM berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

“Dimana lembaga ekonomi koperasi diharapkan dapat ikut serta aktif membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggotanya, terkhusus meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial masyarakat pada umumnya,” ucap Chadidjah.

“Untuk berada di posisi tersebut tentu sebuah organisasi koperasi harus dalam keadaan tangguh dan kuat dalam artian aktif dalam usaha dan sehat dalam kelembagaan,” imbuhnya.

Chadidjah melanjutkan, sesuai jargon Pemerintah Daerah Konsel yaitu Desa Maju Konsel Hebat dapat diwujudkan bersama dengan keberadaan lembaga koperasi khususnya di wilayah pedesaan yang dapat ikut memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah di Kabupaten Konawe Selatan. 

Baca Juga :  Pemerintah Desa Ahuangguluri Salurkan BLT-DD Tahap I Tahun 2021 Untuk 16 Kepala Keluarga

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UMKM Konsel Agustiana Melamba menjelaskan bahwa dalam pelatihan tersebut peserta diberikan pemahaman dan pengetahuan dalam menggali serta mengembangkan potensi ekonomi anggota maupun masyarakat di sekitar melalui lembaga koperasi.

“Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini akan meningkatkan kemampuan pengurus koperasi dalam memberikan pelayanan dan melaksanakan tata kelola lembaga koperasi yang handal dan baik sesuai dengan aturan dan kaidah perkoperasian,” harap Agustiana.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia yang juga Kepala Bidang Koperasi Sadrajuddin, ia berharap pelatihan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan pertumbuhan usaha koperasi yang maju, mandiri dan profesional.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi nyata dalam peningkatan pertumbuhan usaha koperasi,” harapnya.

Editor: Agus 470

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *