Konsel  

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Prokompim Setda Konsel Gelar Pelatihan Public Speaking dan Etika Kepribadian

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Pemkab Konsel) melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah (Setda) menggelar pelatihan Public Speaking dan Etika Kepribadian lingkup Pemkab Konsel.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten III Setda Konsel Syamsul didampingi Kepala Bagian (Kabag) Prokompim Adrianto, dan Pemateri Ketua Yayasan Fatma Resita, Reni Imelda Susanna serta seluruh peserta, bertempat di Aula Islamic Center Andoolo, Senin (27/11/2023).

Dalam sambutannya, Syamsul berharap kegiatan tersebut dapat mendorong seluruh aparatur di lingkup Pemkab Konsel untuk memiliki keterampilan Public Speaking dan Etika Kepribadian yang baik tentang keprotokoleran.

“Saya harap para peserta dapat mengikuti dengan baik pelatihan ini sehingga dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan ke instasi masing-masing,” ucap Syamsul.

Mantan Kadis Peternakan dan Keswan Konsel ini juga memberikan apresiasi kepada bagian Prokompim Konsel yang telah menginisiasi kegiatan ini.

Menurut Syamsul, kegiatan tersebut sangat penting, sebab pengetahuan public speaking dan etika kepribadian yang baik akan membantu dalam memberikan pelayanan maksimal kepada pimpinan maupun masyarakat.

“Public speaking menjadi salah satu kompetensi penting yang harus dikuasai oleh seluruh aparatur, sehingga salah satu caranya yaitu mengikuti pelatihan seperti ini,” ujarnya.

Syamsul mengatakan, pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus mampu menyampaikan dengan baik agar mudah dipahami oleh masyarakat itu sendiri.

Sehingga sebagai abdi negara maupun perpanjangan tangan pimpinan atau protokoler dituntut menguasai ilmu public speaking serta memiliki etika kepribadian yang baik.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, DPC Demokrat Konsel Buka Pendaftaran Bacalon Bupati dan Wakil Bupati

“Pemerintah dalam menjalankan pelayanan umum tidak lepas dari komunikasi publik terutama dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat. Olehnya itu harus tahu public speaking sehingga bisa dengan percaya diri menyampaikan kebijakan kepada seluruh masyarakat,” imbuhnya.

Kabag Prokompim Adrianto berharap melalui kegiatan ini para peserta bisa melatih kemampuan berbicara atau public speaking agar lebih baik lagi dan bisa percaya diri dalam melakukan pelayanan maupun menyampaikan/memandu sebuah acara (MC).

Adrianto mengatakan pada prinsipnya kegiatan ini bertujuan agar peserta memiliki keterampilan berbicara di depan orang lain dan memberikan kesan mendalam dan respon yang baik bagi yang mendengarkan.

“Yang ingin kita capai dalam pelatihan ini adalah mewujudkan perubahan pola kerja dan kemampuan khususnya ASN dan protokol dalam menyampaikan informasi memiliki kemampuan untuk pelayanan yang prima,” terangnya.

Olehnya itu, mantan Camat Sabulakoa ini berharap dapat meningkatkan kompetensi diri agar lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada pimpinan maupun masyarakat.

“Saya juga berharap peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dapat menjadi perpanjangan tangan di instansi masing-masing,” harapnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Adhanto Thayeb mengatakan kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 orang yang terdiri dari masing-masing perwakilan OPD, staf Prokompim dan Bagian di lingkup Pemkab Konsel.

“Kegiatan ini berlangsung sehari, dimana para peserta usai dibekali pengetahuan dari pemateri dibagi menjadi beberapa kelompok yang kemudian langsung diuji keterampilan mereka. Para peserta juga diberikan sertifikat,” jelasnya.

Baca Juga :  Pastikan Kebenaran Isu Tentang Pelayanan di Disdukcapil Konsel, Wakil Bupati Rasyid Lakukan Sidak

(Redaksi/Agus) 154

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *