Kemenag Konsel Gelar Apel HAB ke-78, Bupati Imbau Jaga Harmoni Kehidupan Beragama

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Hari lahir Kementerian Agama Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 3 Januari dikemas dengan Hari Amal Bakti (HAB) dilakukan secara serentak di instansi Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI).

Kementerian Agama yang terbentuk 3 Januari 1946 setiap memasuki tahun baru selalu memiliki makna baru, artinya mesti memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kemenag itu sendiri.

Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk Amal Bakti yang semakin mendalam dan paripurna. Hari Amal Bakti (HAB) tentu tidak semata sebuah nama, tapi didalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama.

Sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ini disampaikan Bupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga, ST., MM., saat memimpin Apel Peringatan HAB ke-78 Kemenag di Halaman Upacara Kantor Kemenag Konsel di Andoolo, Rabu (3/1/2024).

Upacara tersebut dihadiri Wakil Bupati Rasyid, S.Sos., M.Si, Kepala Kemenag Drs Joko, Kepala Kajari Hj Herlina Rauf, SH., MH, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo, SH SIK., M.Si, Kepala BPN Amrullah dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Bupati Surunuddin mengajak jajaran Kemenag untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan sesuai tujuan dibentuknya Kemenag, “Juga menjaga harmoni kehidupan beragama sesuai tupoksi sebagai salah satu pilar kerukunan nasional yang dilaksanakan dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama,” pesannya.

Baca Juga :  UPBJJ-UT Kendari Gelar Sosialisasi Pendidikan Jarak Jauh Kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kabupaten Koltim

Ia menyebutkan bahwa melalui program reguler dan tujuh program prioritas Kemenag mesti terus bekerja keras melaksanakan tugas tugas yang dimandatkan, diantaranya penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university dan religiousity indeks.

Tak lupa, memasuki tahun politik Pemilihan Umum Tahun 2024, Bupati Surunuddin mengingatkan ASN Kemenag untuk menjaga netralitas sesuai ketentuan perundang-undangan, “Dengan balutan netralitas, saya meminta kepada ASN Kemenag untuk membantu menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Mari kawal Pemilu dari potensi penggunaan politik identitas karena dapat berujung pada disintegritas beragama, jadikan pemilu sebagai agenda penuh riang gembira dan suka cita,” tegasnya.

“Selamat memperingati HAB ke-78 Kemenag, terus jaya serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik,” imbuh Bupati Konsel 2 periode ini.

Diketahui, Kemenag tahun ini atas nama Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan Satyalencana Karya Satya kepada 10.198 PNS, dengan rincian penghargaan SKS 30 tahun kepada 1.071 orang, 10 tahun kepada 6.317 dan 20 tahun kepada 2.810 orang.

Reporter : Agus 260

Baca Juga :  Dalami Dugaan Korupsi Jalan Poros di Kolono, Kejari Konsel Periksa 20 Saksi

BACA JUGA :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *