Konsel  

Ribuan Satuan Linmas di Konsel Dikukuhkan Untuk Pengamanan TPS Pemilu 2024

Perwakilan Satuan Linmas dikukuhkan oleh Bupati Konsel

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga mengukuhkan 1.685 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kabupaten Konawe Selatan. Pengukuhan Satlinmas atau Hansip itu ditandai dengan pemadagan topi dan penyerahan tongkat kepada dua perwakilan Satlinmas di Auditorium Pemda Konsel, Kamis (1/2/2024).

Pengukuhan Satlinmas tersebut dalam rangka pengamanan bersama Kelompok penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 1.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Konawe Selatan.

“Saya berharap Satlinmas yang dikukuhkan pada hari ini dapat membantu penyelenggara untuk mensukseskan Pemilu 14 Februari 2024. Satlinmas harus mampu menempatkan diri dengan baik dan berkoordinasi dengan aparat TNI dan Polri serta penyelenggara Pemilu di TPS,” ucap Bupati Konsel Surunuddin Dangga.

Keberadaan Satlinmas yang akan ditugaskan di masing masing TPS di Konsel telah melalui perekrutan yang baik dengan adanya pembatasan usia, karena itu diharapkan kehadiran Satlinmas di TPS mampu membantu memberikan keamanan, kenyamanan damai dan riang gembira.

“Jadi Satlinmas hadir di TPS diharapkan mampu bertugas bersama dengan aparat TNI – Polri dan penyelenggara setempat. Jangan Satlinmas yang menjadi biang masalah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Sekda Konsel Buka Pelatihan E-Reporting Kader DWP

Surunuddin mengatakan Satlinmas yang dikukuhkan ini bakal bertugas membantu keamanan dan kenyamanan warga saat memilih di TPS, karena itu Satlinmas bakal diberikan jaminan kesehatan melalui BPJS.

“Bukan karena penyelenggara di TPS mendapat jaminan kesehatan melalui BPJS, lalu Satlinmas ikutan. Tetapi itu juga bagian dari tugas dan kewajiban pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh Satlinmas,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Konsel Ivan Ardiansyah mengatakan pengukuhan Satlinmas Kabupaten Konawe Selatan dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 2024.

“Harusnya ada 2000 Satlinmas yang akan ditugaskan sesuai dengan jumlah TPS untuk masing masing 2 petugas. Namun ada kekurangan 315 personil. Untuk kekurangan tersebut akan diisi Satpol-PP sebanyak 133 untuk disebar di 25 kecamatan,” ucapnya.

(Redaksi/Agus) 295

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *