MTQ ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konawe Selatan Dibuka oleh Bupati Surunuddin

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2024 dipusatkan di Kecamatan Konda, Kabupaten Konsel, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tema MTQ ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konawe Selatan tahun ini adalah ‘Meneguhkan Pengamalan Nilai-nilai Al-Qur’an Dalam Kehidupan Bermasyarakat Untuk Mewujudkan Konawe Selatan yang Sejahtera, Unggul, Amanah dan Religius’.

Musabaqah Tilawatil Qur’an ke-XVIII tahun 2024 tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, Selasa (5/3/2024).

Dalam sambutannya Surunuddin mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan agenda rutin pemerintah pusat dan daerah di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Bupati Konsel dua periode ini mengungkapkan, pelaksanaan MTQ bertujuan untuk membina ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Kabupaten Konawe Selatan.

“Momentum pelaksanaan MTQ ini untuk menseleksi qori dan qoriah terbaik menuju kemandirian dalam menghadapi MTQ Tingkat Provinsi hingga Nasional,” ucap Surunuddin.

Sementara itu, Kabag Kesra Konsel, Hamlin S Ode Makka menyebutkan, sejumlah lomba yang dipertandingkan di MTQ ke-XVIII Tingkat Kabupaten Konawe Selatan ini diantaranya:

Baca Juga :  Wakili Kecamatan Baito, Pemdes Tolihe Berharap Juara I Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Konsel
  1. Cabang seni baca Al-qur’an golongan tartil dan tilawah anak-anak, remaja, dewasa dan cacat netra putra-putri.
  2. Cabang qiraat Al-Qur’an golongan qira’at wujawwad dewasa, qira’at murottal dewasa dan remaja putra-putri.
  3. Cabang hafalan Al-qur’an golongan 1 juz dan 5 juz dan tilawah putra-putri, golongan 10, 20 dan 30 juz putra-putri.
  4. Cabang tafsir Al-qur’an golongan bahasa Arab, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris putra-putri.
  5. Cabang fahmil Al-qur’an beregu putra-putri.
  6. Cabang syarhil Al-qur’an beregu putra-putri.

Selain itu, pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Konawe Selatan ini dimeriahkan dengan Devile Kafilah dari 25 kecamatan se- Kabupaten Konsel serta tari kolosal dan marcing band.

Di ujung kegiatan ini, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga menyematkan baju Dewan Hakim dan Juri MTQ Tingkat Kabupaten Konsel.

(Redaksi/Agus) 58

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *