Berita  

Sebanyak 75 Panwascam se-Kabupaten Konsel Resmi Dilantik

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan serta pembekalan bagi 75 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Pelantikan digelar di Hotel Wonua Monapa, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel, Sabtu (25/5/2024) dan dihadiri Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Heri Iskandar, Ketua Bawaslu Konsel Siambu, Anggota Bawaslu Konsel Hasni dan Bahrun Musu, serta Kepala Sekretariat Bawaslu Konsel Moch Syachrul.

Hadir juga Plt Kepala Kesbangpol Konsel Muhammad Taufik Aminlar, Kasat Reskrim Polres Konsel AKP Nyoman Gede Aria, pihak Pengadilan Andoolo, Camat Se-Kabupaten Konsel, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Bawaslu Konsel, Siambu menekankan pentingnya peran Panwascam dalam mengawal proses demokrasi di tingkat kecamatan dan harus mampu membangun sinergitas yang baik dengan seluruh pihak terkait.

“Jangan ada yang berupaya melakukan afiliasi politik dengan kandidat. Jaga integritas dan profesionalisme,” ucap Siambu.

“Kita bertanggung jawab secara citra dan moril menjaga independensi dan kepercayaan atas lembaga. Tugas kita bersama rakyat mengawal demokrasi,” imbuhnya.

Siambu mengajak kepada Panwascam untuk memastikan Pilkada 2024 berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. Panwascam memiliki tanggung jawab besar untuk mengawasi setiap tahapan pemilihan di tingkat kecamatan, mulai dari pendataan pemilih, kampanye, hingga penghitungan suara.

Pelantikan yang dilakukan dengan penuh khidmat ini juga disertai dengan penandatanganan serta pembacaan pakta integritas.

Baca Juga :  PP JAMINDO Desak Kementerian ESDM dan Bareskrim Polri Tindak PT KTR, PT RRA dan PT PUM

“Kami berharap Panwascam se- Kabupaten Konawe Selatan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan integritas dan profesionalisme,” ujarnya.

Setelah prosesi pelantikan, acara dilanjutkan dengan sesi pembekalan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai tugas dan fungsi Panwascam.

“Setiap anggota Panwascam harus siap menghadapi tantangan dan memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Siambu.

Bawaslu Kabupaten Konawe Selatan menunjukkan komitmennya dalam menyelenggarakan Pilkada yang berintegritas. Diharapkan Panwascam yang baru dilantik dapat berkontribusi positif dalam menjaga kualitas demokrasi di wilayah Konawe Selatan.

Sementara itu Anggota Bawaslu Sultra, H Heri Iskandar mengatakan Pilkada serentak 2024 menjadi momen penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin daerah yang kompeten. Oleh karena itu, pengawasan yang ketat dan independen sangat diperlukan untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

“Sumpah dan janji yang diambil, serta pakta integritas yang ditandatangani dan diucapkan harapannya dapat dijalankan. Jadi kita jalankan tanggungjawab sesuai tupoksi,” ungkapnya.

Ia berpesan, jika ingin berhasil sebenarnya cukup dengan bekerja sesuai pakta integritas dan sumpah.

“Karena terkadang kita temui di lapangan implementasi dari apa yang disampaikan, kadang-kadang tidak linier dengan praktik di lapangan. Jadi semoga apa yang kita ucapkan sesuai dengan yang kita lakukan,” pesan Heri.

Baca Juga :  KPU Konsel Lantik 1.053 PPS untuk Pilkada 2024

“Jaga kepercayaan yang dititipkan. Jangan mengecewakan orang-orang yang telah memilih, jangan kecewakan lembaga ini,” tutupnya.

(Redaksi/Agus) 226

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *