KPU Konsel Gelar Sosialisasi Tahapan dan Launching Maskot serta Jingle Pilkada Konsel 2024

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar sosialisasi tahapan serta launching maskot dan jingle Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe Selatan tahun 2024.

Kegiatan sosialisasi dan launching ini digelar di Lapangan Desa Mulya Sari, Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat malam (28/6/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara Dr. Asril bersama Komisioner KPU Sultra dan Sekretaris KPU Sultra, Komisioner KPU Kabupaten Konsel Anton Roberto, Laode Darman, Eko Hasmawan Baso dan Sahabuddin bersama Sekretaris KPU Konsel Aila dan jajarannya.

Hadir juga Wakil Bupati Konsel Rasyid, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Sekda Konsel ST. Cadidjah, Ketua Bawaslu Konsel Siambu, Kepala Kejaksaan Negeri Andoolo, Dandim 1417/Kendari, Polres Konsel, Ketua Pengadilan Andoolo, Kepala Kesbangpol Konsel, Camat Mowila, PPK dan PPS se-Kabupaten Konsel serta tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Sultra Dr. Asril mengatakan, kegiatan sosialisasi serta peluncuran maskot dan jingle ini dilaksanakan sebagai tanda dimulainya tahapan-tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

“Sebelum pelaksanaan sosialisasi tahapan dan peluncuran maskot dan jingle ini, KPU sudah melaksanakan beberapa tahapan lainnya, seperti pelaksanaan seleksi badan adhoc di tingkat kecamatan dan desa,” kata Asril.

Sebelumnya juga KPU telah melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, termasuk di Kabupaten Konawe Selatan.

Pada pelaksanaan Pemilu sebelumnya, jumlah pemilih di tiap TPS maksimal 300 orang, sementara untuk pelaksanaan Pilkada tahun ini telah disepakati bahwa jumlah pemilih di tiap TPS maksimal 600 orang. Jumlah TPS pada Pemilu Februari 2024 lalu sebanyak 8.154. Sedangkan untuk Pilkada saat ini jumlah TPS sebanyak 4.154.

Asril menambahkan untuk jumlah pemilih pada Pemilu yang lalu sebanyak 1.867.931. Sementara saat ini mengalami kenaikan di angka 1 juta 883 ribuan yang akan dilakukan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Baca Juga :  Gelar RDP, DPRD Konsel Soal Pembangunan Pasar Kuliner Kecamatan Kolono

“Oleh karena itu kami harapkan kita semua membantu Pantarlih untuk memudahkan pencoklitan. Saya berharap kepada masyarakat Kabupaten Konsel untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dan sampaikan kepada anggota keluarga yang belum terdata serta pemilih yang usia genap 17 tahun pada 27 November 2024 sudah harus dimasukkan dalam wajib pilih,” ucapnya.

Asril menyampaikan sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 bahwa Tahapan Pendaftaran Calon dilakukan pada tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024.

“Penetapan Calon pada 22 September 2024 dan pada 25 September sampai 23 November 2024 memasuki tahapan kampanye untuk mendengarkan visi misi calon sehingga kita semua dapat memilih kepala daerah sesuai dengan pilihan kita masing-masing,” ujar Asril.

Asril juga menitipkan pesan kepada jajarannya untuk selalu menjalankan tugas dengan baik dan menjaga integritas serta independensi sebagai penyelenggara.

“Jaga integritas sebagai penyelenggara Pemilu dan jalankan tugas dengan baik sehingga Pilkada serentak tahun 2024 ini melahirkan pemimpin yang sesuai dengan pilihan masyarakat,” pesannya.

Sementara itu Wakil Bupati Konsel Rasyid mengatakan bahwa pesta demokrasi ini harus dibuat dan dilaksanakan secara riang gembira.

“Pesta demokrasi lahir dengan suasana riang gembira. Malam hari ini kita kenalkan jingle dan maskot dengan menghadirkan hiburan dari artis ibukota dan disambut antusias ribuan masyarakat Kabupaten Konsel,” ucap Rasyid.

Rasyid menambahkan bahwa Pemerintah Daerah Konawe Selatan telah menyelesaikan tugasnya bersama DPRD Kabupaten Konsel menyetujui anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada di Kabupaten Konsel.

“Dan tolong jika masih ada kekurangan dalam hal pelaksanaan Pilkada ini untuk segera dikoordinasikan kepada stakeholder agar pesta demokrasi ini dapat berjalan sukses dan lancar,” pesan Rasyid.

Di akhir acara tersebut diumumkan pemenang sayembara maskot dan jingle Pilkada Kabupaten Konsel 2024.

Baca Juga :  Realisasikan Usulan Masyarakat, Anggota DPRD Konsel Ramlan Serahkan Bantuan Perbengkelan dan Pertukangan

Panitia sayembara menetapkan Maskot ‘Kiniku’ karya jurnalis Ramaludin sebagai peringkat pertama, Maskot ‘Si Malai’ karya Febriansyah Tri Wibowo sebagai peringkat kedua dan Maskot ‘Koko dan Kiki’ karya Bayu Tri Santoso sebagai peringkat ketiga.

Untuk sayembara Jingle, panitia menetapkan Jingle berjudul ‘Sambut Pesta Demokrasi’ karya Ismail Ali sebagai peringkat pertama, Jingle ‘Ayo Memilih Untuk Konawe Selatan’ karya Imam Wahyudi terpilih peringkat kedua dan Jingle berjudul ‘Jangan Golput’ karya Zaidal Ayadi Ahmad sebagai peringkat ketiga.

Penutupan acara dimeriahkan oleh penyanyi Mitha Talahatu yang disambut antusias ribuan masyarakat Kabupaten Konsel yang memenuhi Lapangan Desa Mulya Sari.

(Redaksi/Agus) 182

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *