Konsel  

Optimalkan Bansos Tepat Sasaran, Dinas Sosial Konsel Gelar Sosialisasi Aplikasi Si-Mantan

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar sosialisasi Sistem Informasi Masyarakat Rentan Miskin (Si-Mantan), bertempat di Balai Desa Mataiwoi, Kecamatan Andoolo Barat, Kabupaten Konsel, Senin (8/7/2024).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Konsel Nurlita Jaya AS, S.Sos., M.Kes, menjelaskan bahwa Si-mantan adalah sebuah sistem informasi yang dirancang untuk memetakan dan mengidentifikasi warga yang rentan terhadap kemiskinan.

“Dengan adanya Si-mantan, kita dapat memperoleh data yang akurat dan terkini mengenai kondisi masyarakat, sehingga program bantuan sosial dapat lebih tepat sasaran,” ujarnya.

Nurlita juga mengatakan, sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai cara kerja dan manfaat Si-mantan bagi masyarakat.

“Harapannya, para peserta sosialisasi akan diberikan pelatihan tentang cara mengakses dan menggunakan sistem itu, dan bagaimana melaporkan data warga yang membutuhkan bantuan,” imbuhnya.

Selain itu, dalam kegiatan itu juga terungkap pentingnya peran aktif masyarakat dalam memberikan informasi yang benar dan akurat.

“Kerjasama dari seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan demi kesuksesan program ini. Dengan data yang valid, kita dapat mengoptimalkan penyaluran bantuan dan program pemberdayaan,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringati Hari Jadi Bawaslu yang ke- 15, Panwaslu Andoolo Barat Gelar Syukuran dan Doa Bersama Secara Sederhana

Dengan adanya Sistem Informasi Masyarakat Rentan Miskin (Si-mantan), diharapkan Kabupaten Konawe Selatan dapat semakin memperkuat upaya penanggulangan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Dinsos Konsel berkomitmen untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan Si-mantan, serta melakukan evaluasi secara berkala untuk memastikan sistem ini berjalan dengan efektif dan efisien.

“Kami akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi Si-mantan, serta memberikan pendampingan kepada masyarakat dan aparat desa agar sistem ini dapat digunakan secara optimal,” jelasnya.

Sementara itu, para peserta menyambut baik adanya sosialisasi tersebut. Camat Andoolo Barat Muh. Sofyan Mansyah, ST., mengungkapkan harapannya agar Si-mantan dapat membawa perubahan positif bagi warganya.

“Kami pemerintah kecamatan sangat mendukung inovasi-inovasi yang digagas oleh pemerintah kabupaten dan kami juga sangat berharap dengan adanya sistem ini, bantuan bisa lebih merata dan tepat sasaran, sehingga tidak ada lagi warga kami yang tidak terjangkau bantuan sosial,” ucapnya.

(Redaksi/Agus) 232

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *