Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dan SDM, Dinkes Konsel Gelar Uji Kompetensi

Kepala Dinas Kesehatan Konsel dr Boni buka kegiatan uji kompetensi aparaturnya.

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar uji kompetensi aparaturnya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kegiatan uji kompetensi ini diikuti oleh 220 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan dan tenaga kesehatan, bertempat di salah satu hotel di Kendari, Senin (8/7/2024).

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Konawe Selatan, dr. H. Boni Lambang Pramana, M.Kes., mengatakan, untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lingkup Pejabat Fungsional Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan melaksanakan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Dinkes Konsel.

dr Boni mengatakan uji kompetensi tersebut berpedoman pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2017 tentang Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan.

“Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja pejabat fungsional kesehatan yang dilakukan oleh tim penguji dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi,” jelas dr Boni.

Baca Juga :  Bank Sultra Salurkan 3 Ton Beras Bantuan CSR di Konsel

Dia mengatakan uji kompetensi jabatan fungsional diperlukan karena pada lingkup pekerjaan jabatan fungsional tersebut memiliki cakupan yang cukup luas, membutuhkan penguasaan pengetahuan standar teoritis di bidangnya, serta memerlukan penguasaan khusus menurut tingkat keahlian pada bidang tertentu.

“Dengan pelaksanaan uji kompetensi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para tenaga kesehatan, sehingga lebih berkompeten dan profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) sebagai Pejabat Fungsional Kesehatan,” jelas mantan Direktur BLUD RS Kabupaten Konsel ini.

(Redaksi/Agus) 138

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *