Konsel  

RAPBD Rp1,752 Triliun Tahun 2024 Diserahkan Pemda ke DPRD Konsel untuk Dibahas dan Ditetapkan

LAYARSULTRA.COM, KONSEL – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2024 Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebesar Rp 1,752 triliun diserahkan Bupati Surunuddin Dangga kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk selanjutnya dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Penyerahan RAPBD Konsel tersebut melalui sidang paripurna DPRD di ruang rapat DPRD Konsel, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Irham Kalenggo dan dihadiri 19 anggota dari 35 Anggota DPRD serta dihadiri Sekda Konsel Hj Sitti Chadidjah dan para Kepala OPD Pemda Konsel, Senin (6/11/2023).

RAPBD yang diserahkan ke DPRD Konsel sebesar Rp 1,752 triliun itu untuk kemudian dibahas bersama seluruh Anggota DPRD yang tergabung di Panitia Badan Anggaran (Banggar) dan segera dikonsultasikan di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk selanjutnya ditetapkan pada awal bulan Desember 2023 mendatang.

Besaran RAPBD Konsel itu terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 106 miliar lebih, Pendapatan Transfer Daerah dan Dana Desa sebesar Rp 1,426 triliun. Sementara untuk rancangan belanja daerah sebesar Rp. 1,775 triliun, sedangkan untuk pembiayaan sebesar Rp. 241 miliar yang terdiri dari penerimaan pembiayaan (SILPA tahun sebelumnya) dan pengeluaran pembiayaan Pembayaran Pinjaman dari Lembaga Keuangan Bank (LKB) BUMD jangka panjang.

Baca Juga :  Jelang Rapimpurda, Pengurus DPD KNPI Konsel Kunjungan ke Bupati Surunuddin

Dari RAPBD Konsel Tahun 2024 yang diserahkan tersebut sebesar Rp. 1,752 triliun lebih untuk kemudian dibahas dan ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024.

Dengan besaran APBD Konsel itu pemerintah bakal mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat, infrastruktur dan layanan pemerintah berbasis digital dalam mendukung pertumbuhan ekonomi berkualitas.

“Ada enam prioritas pembangunan daerah tahun 2024 yaitu tata kelola pemerintahan dan layanan publik yang baik berbasis teknologi informasi, peningkatan kualitas SDM, penanggulangan kemiskinan dan penanganan stunting, peningkatan infrastruktur kewilayahan dan infrastruktur pendukung ekonomi, penguatan ekonomi sektor unggulan dan kemandirian desa,” kata Surunuddin Dangga saat memberikan sambutan atas RAPBD Konsel Tahun 2024.

RAPBD Konsel Tahun 2024 juga telah mengalokasikan anggaran untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konsel Tahun 2024 sebesar Rp 87 miliar lebih untuk KPU dan Bawaslu Konsel.

“Untuk tahun 2024, Pemda Konsel dengan anggaran yang hampir lebih sama dengan tahun 2023, maka pembangunan infrastruktur akan fokus yang skala prioritas,” imbuhnya.

Reporter: Agus 727

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *